Senin, Agustus 10, 2009

Masjid Al Mushallun


BATOLA : Masjid Al Mushallun berdiri di Jalan Brigjen hasan basry Km. 8 No. 16 Rt. VII Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito kuala (Batola). Tidak sulit

menemukan masjid ini karena terletak di pinggi jalan provinsi antara Kotamadya Banjarmasin dengan Kabupaten barito Kuala.

Jalan antara Kotamadya banjarmasin dan Kab. Batola sangat istimewa. Kalo dari Banjarmasin di sebelah kiri sepanjang jalan kita selalu ditemani sungi kecil. Meskipun kecil, sungai yang mengalir tersebut jernih dan tidak tercemar, sehingga terlihat dasarnya. berbeda dengan sungai kecil pada jalan Banjarmasin - Banjarbaru yang tidak berfungsi.


Masjid ini berdiri kokoh di samping jalan sekaligus di samping sungai (foto kanan), jadi kalo dari jalan provinsi kita naik jembatan dulu menyeberangi sungai menuju ke masjid. Dari luar masjid terlihat seperti baru dibangun dan tiang-tiangnya dari beton. Namun, di dalam masjid, kita masih melihat tiang penyangga dari kayu ulin (foto kiri). Jadi, kemungkinan masjid ini sudah lama dibangun dan pernah direnovasi.

Di samping masjid juga berdiri sarana pendidikan, diantaranya adalah Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Raudhatul Athfal, Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Hikmah dan Madrasah Diniyah Awaliyah yang dikelola Yayasan Al-Mushallun. ***Ahmad Ridha



0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates